√ Doa Naik Kendaraan Arab Indonesia dan Terjemahnya

4 min read

Doa Naik Kendaraan Arab Indonesia dan Terjemahnya
0
()

Doa Naik Kendaraan Arab Indonesia dan Terjemahnya – kesempatan kali ini Duta Dakwah akan menerangkan dan menuliskan Doa naik kendaraan, baik kendaraan roda dua, roda empat maupun kapal layar dan pesawat terbang.

Doa Naik Kendaraan Arab Indonesia dan Terjemahnya

Sebagai seorang muslim yang mukmin sudah semestinya senantiasa bertaqorub kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam setia keadaan dan senantiasa bermohon kepada sng Kholiq.

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan ke hadhirat Allah SWT, Shalawat dan salamnya semoga tetap tercurah ke haribaan Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan shahabatnya semua, Amiin…, Pembaca yang budiman melalui uraian ini kami mengajak kepada para pembaca yang mau dan sepakat dengan uraian kami ini, untuk senantiasa kita semua berdoa bermunajat kepada allah Subhanahu wa Ta’ala yang maha mengijabah segala permohonan hamba-Nya.

Melalui Risalah ini kami sampaikan juga beberapa ketarangan mengenai perintah doa, dan adapun orang yang selalu berdoa maka ia termasuk orang yang tidak sombong, sedangkan oaring-orang yang tidak mau berdoa, maka dia masuk dalam kategori sombong, dan diantara dalilnya adalah sebagai berikut:

Dalilnya Doa dalam al-qur’an

Dao adalah merupakan suatu ibadah bagi orang beriman, bahkan jika orang bermalas-malasan untuk berdoa itu sudah dihukumi maksiyat. Doa adalah perintah Allah, dan diterangkan dalam Firmannya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ : (سورة غافر: ٦٠)﯁

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghofir, 60)

Di dalam hadits pun diterangkan sperti yang kami baca dalam Kitab Syarah Lababul-Hadits sebgai berikut:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الدُّعَاءُ سِلاحُ المُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّينِ وَنُورُ السَّمواتِ والأَرْضِ،( تنقيح القول الحثيث باب الدعاء)﯁

Artinya: Dan Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Doa itu adalah senjat4nya orang-orang yang beriman, dan sebagai pilarnya Agama juga sebagai cahayanya tujuh lapis langit dan bumi. (demikian ini kutipan dari Kitab Tangqihul-qaul al-Hatsits Bab Doa)

Baca Juga :  Niat dan Doa Shalat Istikharah Beserta Terjemahannya (Lengkap)

Hukum Meninggalkan Doa

Berdoa atau tidak berdoa itu hak masing-masing, akan tetapi apabila kita sama-sama memperhatikan apa yang diterangkan oleh baginda nabi besar Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa slam dalam Kitab Tankihul-qaul bab dua sebagai  berikut:

وقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى الله تَعَالى مِنَ الدُّعَاءِ

Yang artinya: Dan Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Menurut Allah Ta’ala Tidak ada sesuatu yang lebih mulia dari Doa”

Hadits ini memberikan pengertian kepada kita bahwa doa itu adal merupakan sesuat yang sangat mulia di sisi Allah yang perlu kita amalka dalam segala aktivitas kita.

Dan Sabdanya lagi masih kami kutipa dari kitab Tankih sebagai berikut:

وقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَرْكُ الدُّعَاءِ مَعْصِيَّةٌ

Artinya: Dan Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Meninggalkan Doa itu hukumnya maksiyat”.

Dari keterangan tersebut maka kami memahami bahwa Berdoa itu sangat-sngat penting untuk selalu dipanjatakan ke hadhirat Allah Subhanahu wa Ta’ala pada setiap aktivitas termasuk ketika kita mau naik kendaraan baik mau pergui jauh ataupun dekat, sebab kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi, maka sebelum malakukan aktivitas awalilah dengan doa.

Tentang Doa naik kendaraan

Doa naik kendaraan ini dibaca ketika kita sudah duduk di atas kendaraan, misalnya kendaraan motor, mobil, kereta, Kapal Laut, Perahu layar, Pesawat dan kendaraan-kendaraan lainnya

Doa Naik kendaraan pendek arabic

بِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَهَا اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرُ رَّحِيْمٌ

Doa naik kendaraan tulisan indonesia

Bismillaahi majreha wamursaha ina robbiy laghofu-rurrohiym.

Artinya: Dengan nama Allah diwaktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Tentang Do’a naik kendaraan ketika mulai berangkat:

Doa ini baik juga bila disambung dengan doa di atas atau dipisah, jika membacanya mau dipisahkan dengan doa yang di atas maka doa yang berikut ini dibaca ketika kendaraan sudah jalan atau mulai berjalan, adapun doanya adalah sebagai berikut:

Do’a naik kendaraan ketika kendaraan mulai berangkat:

بسم الله الرّحمن الرّحيم. الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Do’a naik kendaraan ketika kendaraan mulai berangkat Tulisan Indonesia:

Bismillahirrohmanirrohiim: Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Subhanal ladzi sakhoro lana hdza wama kuna lahu mukriniyna wa inna ila robbina lamunqolibun.

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini kepada kami padahal kami tidak kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan, kami pasti akan kembali.

Baca Juga :  √ Doa Keluar Rumah : Arab, Indonesia dan Terjemahnya

Jika doa tersebut membacanya disambungakan maka bacaannya adalah sebagai berikut:

Doa naik kendaraan yang disambungkan cara membacanya Arabic

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، بِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَهَا اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرُ رَّحِيْمٌ، الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Doa naik kendaraan yang disambungkan cara bacanya tulisan Indonesia:

A’udzu billahi minasyaithonir rojiim, Bismillahirrohmanirrohiim: Bismillaahi majreha wamursaha ina robbiy laghofu-rurrohiym. Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Subhanal ladzi sakhoro lana hdza wama kuna lahu mukriniyna wa inna ila robbina lamunqolibun.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, Dengan nama Allah diwaktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini kepada kami padahal kami tidak kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan, kami pasti akan kembali.

Apabila Bepergian kita itu jauh, apalagi sudah sejauh ukuran bisa mengkosor sholat, maka sambulah doa tersebut dengan doa safar.

Doa Safar (Doa bepergiana Arabic)

اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَـٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَـٰذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ

Doa Bepergian tulisan Indonesia

Allaahu akbar (3x), (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun) Allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal birro wat-taqwaa, wa minal ‘amali maa tardhoo, Allaahumma hawwin ‘alainaa safaronaa haadzaa wathwi ‘annaa bu’dah, Allaahumma antash-shoohibu fis-safari wal kholiifatu fil ahli, Allaahumma innii a’uudzu bika min wa’tsaa-is-safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Terjemah Doa Safar :

Allah Maha Besar (3x). (Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (pada hari Kiamat). Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, dan kami mohon dari perbuatan ini yang Engkau ridhoi. Ya Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga(ku). Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang jelek dalam harta dan keluarga.

Doa naik Kendaraan ketika bepergian jauh arabic

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، بِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَهَا اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرُ رَّحِيْمٌ، الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ، اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَـٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَـٰذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ

Doa naik Kendaraan ketika bepergian jauh tulisan Indonesia:

  • A’udzu billahi minasyaithonir rojiim, Bismillahirrohmanirrohiim: Bismillaahi majreha wamursaha ina robbiy laghofu-rurrohiym. Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Subhanal ladzi sakhoro lana hdza wama kuna lahu mukriniyna wa inna ila robbina lamunqolibun.
  • Allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal birro wat-taqwaa, wa minal ‘amali maa tardhoo, Allaahumma hawwin ‘alainaa safaronaa haadzaa wathwi ‘annaa bu’dah, Allaahumma antash-shoohibu fis-safari wal kholiifatu fil ahli, Allaahumma innii a’uudzu bika min wa’tsaa-is-safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Terjemah Doa naik Kendaraan ketika bepergian jauh

  • Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, Dengan nama Allah diwaktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini kepada kami padahal kami tidak kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan, kami pasti akan kembali.
  • Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, dan kami mohon dari perbuatan ini yang Engkau ridhoi. Ya Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga(ku). Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang jelek dalam harta dan keluarga.
Doa Naik Kendaraan Arab Indonesia dan Terjemahnya
Doa Naik Kendaraan Arab Indonesia dan Terjemahnya

Sesungguhnya doa tersebut masih ada kaitan dengan doa apabila kita sudah sampai di tujuan kita atau ketika kita transit di suatu tempat. Untuk mengetahui labih lanjut bisa dibaca pada bimbingan manasik haji Dutadakwah.

Baca Juga :  Buang Air Besar : Etika Masuk Dan Keluar Kamar Kecil.

Demikian uraian kami tentang : Doa Naik Kendaraan Arab Indonesia dan Terjemahnya –  barangkali terdapat khilaf dalam penyampaian kami, maka kami mohon ma’af. Kami Duta Dakwah Mengucapkan Terimakasih atas Kunjungannya. Jazakumullahu Khoiran Katsiro.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5