Kumpulan Doa Mustajab Supaya Keinginan Dapat Tercapai

3 min read

Kumpulan Doa Mustajab Supaya Keinginan Dapat Tercapai
0
()

Kumpulan Doa Mustajab Supaya Keinginan Dapat Tercapai – Bagi manusia sangat banyak akan keinginan, sebab aslinya setiap suatu hal yang kita miliki merupakan pemberian dari Allah SWT. Sesulit apapun dalam mewujudkan rasa keinginan, namun bila Allah SWT tidak berkenan maka keinginan tersebut tidak akan pernah terjadi.

Dalam kesempatan ini Duta Dakwah akan membahas mengenai kumpulan Doa Mustajab, dimana terdapat beberapa doa tertentu yang sangat dianjurkan ketika hendak berdoa. Memohon kepada sang pencipta agar dikabulkan segala keinginan yang diinginkan makhluk-Nya.

Kumpulan Doa Mustajab Supaya Keinginan Dapat Tercapai

Terdapat beberapa cara meminta kepada Allah SWT, agar dapat dikabulkan keinginan kita yakni dengan berdoa. Disamping dengan berdoa, hendaknya kita juga harus berusaha (ikhtiar) demi terwujudnya keinginan tersebut.

Dengan doa dan usaha yang harus seimbang supaya keinginan Anda cepat terkabul. Bila hanya melakukan doa tanpa adanya usaha hal tersebut maka akan sia-sia, dan bila hanya melakukan usaha tanpa berdoa maka berarti kita sombong. Perlu Anda ketahui bahwa berdoa adalah salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya.

Hal ini sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS. Al Mu’min Ayat 60 yakni:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60)

Kemudian doa apa saja yang bisa menunjang supaya keinginan kita dapat terwujud? Dalam setiap doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT, hal ini sebagai mana telah dijelaskan dalam firman-Nya. Namun Allah SWT mempunyai kebijakan sendiri tentang mengabulkan secara langsung atau tidak setiap doa hamba-Nya. Ada yang dikabulkan langsung, disimpan untuk diakhirat atau diganti dengan dicegahnya dari musibah.

Baca Juga :  Doa Masuk Rumah Doa Keluar Rumah Arab & Latin

Hal tersebut bukan karena Allah SWT tidak mampu mengabulkan doa yang kita panjatkan dengan seketika. Melainkan Allah memiliki rencana tersendiri. Selain itu, kita juga harus memperhatikan adab-adab yang baik dalam berdoa.

Dibawah ini beberapa kumpulan doa mustajab yang dapat dipanjatkan supaya doa agar keinginan tercapai, antara lain yaitu:

  • Membaca Surat Al Fatihah

Dengan membaca surat fatihah yang merupakan induk dari Al-Qur’an atau lebih dikenal dengan “Umul Kitab”. Dalam surat Al-Fatihah yang mana juga menjadi salah satu rukun shalat yang wajib dibaca saat shalat. Dengan membaca surat Al-Fatihah terutam pada ayat ke 5 yang berbunyi:

Iyyakana’budu wa iyyakansta’in”.

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Bahwa kita mengakui hanya kepada Alla SWT kita meminta pertolongan dan mengharapkan bantuan agar bisa menyelesaikan segala sesuatu yang tidak bisa dikerjakan sendiri.

Inti dari ayat di atas adalah bahwa kita mengakui hanya kepada Allah lah kita meminta pertolongan, dan mengharapkan bantuan untuk dapat menyelesaikan apapun yang tidak sanggup dikerjakan sendiri. Dengan kita banyak membaca surat Al-Fatihah semoga apa yang diinginkan agar cepat terkabul.

  • Membaca Surat Al Ikhlas

Dalam surat Al-Ikhlas yang merupakan urutan surak ke 112 dalam Al-Qur’an, dimana memiliki 4 (empat) ayat. Dimana kandungan dalam surat AL-Ikhlas mengenai ke-Esa-an Allah SWT. Adapun kelebihan lainnya dari surat Al-Ikhlas yakni seperti membaca sepertica Al-Qur’an, asbab terampuninya dosa, dan asbab masuk surga.dengan membaca surat Al-Ikhlas juga bisa membantu tewujudnya sebuah doa.

  • Membaca Doa Hajat

Kumpulan Doa Mustajab Supaya Keinginan Dapat Tercapai

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita dianjurkan untuk melakukan doa baik saat hendak makan, bercermin, berpakaian, masuk kamar mandi, keluar mandi atau lainnya. doa tersebut diajarkan kepada kita supaya dalam setiap perbuatan yang hendak dikerjakan senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. Hal demikian berlaku saat hendak melakukan shalat hajat, kita dianjurkan untuk membaca doa hajat, adapun doa hajat sebagai berikut:

Baca Juga :  Niat dan Doa Shalat Istikharah Beserta Terjemahannya (Lengkap)

لَاِلَهَ اِلَّااللهُ الْحَكِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّوَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ اِثْمٍ لَا تَدَعْ لِى ذَنْبًا اِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا اِلَّافَرَّجْتَهُ وَلَاحَاجَةً اِلَّا هِيَ لَكَ رِضًااِلَّاقَضَيْتَهَا يَااَرْحَمَ الرَّحِمِينَ

Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim, Alhamdulillahi robbil ‘alamin, As ‘aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin”.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

  • Membaca Surat Al Baqarah Ayat 285-286

Biasanya pada surat Al-Baqarah ayat 285-286 atau ayat terakhir pada surat Al-Baqarah dibaca setelah ayat kursi. Atau penerus dari ayat kursi ketika memanjatkan keinginan atau hajat.

Ayat-ayat ini merupakan ayat terakhir dalam surat Al Baqarah. Biasanya ayat-ayat ini dibaca setelah ayat kursi atau sebagai penerus dari ayat kursi ketika hendak memanjatkan hajat atau keinginan.

  • Perbanyak Berdzikir

Perbanyak berdzikir yang mana berdzikir adalah mengingat Allah. Dengan memperbanyak berdzikir kepada Allah SWT maka kita akan lebih sering diingat oleh Allah. Semakin kita sering mengingat Allah maka tentu akan lebih mudah terjaga dari perbuatan maksiat yang bisa menghambat terkabulnya doa.

  • Perbanyak Membaca Istighfar

Perbanyak membaca istighfar, sebagai hamba-Nya tentu alasan kita berdoa yakni agar segala sesuatu keinginan dan kebutuhan kita terpenuhi. Baik dalam permasalahan konflik sosial, pekerjaan, ekonomi atau lainnya. Dengan memperbanyak membaca istighfar maka bisa mengeluarkan segala kesulitan kita.

Baca Juga :  √ Niat Sholat Hajat, Doa, Pengertian dan Tatacaranya Lengkap

Alasan utama seseorang berdoa kepada Allah SWT adalah agar segala kebutuhan dan keinginannya terpenuhi. Entah itu masalah ekonomi, konflik sosial, pekerjaan atau lain sebagainya. Membaca istighfar dapat mengeluarkan kita dari segala kesulitan.

  • Membaca Asmaul Husna

Membaca Asmaul Husna yang mana marupakan sebutan bagi nama-nama Allah SWT. Jumlah keseluruhan Asmaul Husna yani 99, dan terdapat manfaat yang terkandung dari membacanya. Antara lain : mendapatkan pelindungan, keberkahan, kebaikan dari Allah SWT dan dikabulkannya doa.

Sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam QS. Al-A’raf 180,

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al-A’raf 7:180)

  • Membaca Shalawat Nabi

Membaca shalawat Nabi Muhammad SAW adalah bentuk penghormatan kepada beliau, bahkan Allah dan para Malaikat-Nya pun bershalawat kepada Nabi. Suatu perbuatan yang apat terpuji bila kita mendengan nama Nabi Muhammad SAW disebut maka kita tidak bershalawat kepadanya. Selain itu dengan membaca shawalat dapat menjadi asbab terkabulnya doa.

Demikian penjelasan tentang Kumpulan Doa Mustajab Supaya Keinginan Dapat Tercapai, semoga dapat bermanfaat.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5